10 MITOS
TENTANG BISNIS ONLINE YANG ANDA WAJIB TAHU :
Halo rekan-rekan pengusaha. Bagaimana perkembangan
bisnis Anda? Semoga sukses selalu!
Untuk membantu mengembangkan bisnis Anda, berikut ini
kami rangkumkan beberapa hal yang berkaitan dengan bisnis online yang bisa Anda
gunakan sebagai acuan untuk meraih lebih banyak kesuksesan.
Banyak orang berkata bahwa Anda bisa memiliki usaha
online dengan tanpa modal apapun. Benarkah? Memang ada benarnya jika bisnis
online bisa dibangun dengan modal yang lebih murah dibandingkan dengan
membangun bisnis offline dalam hal infrastruktur. Contohnya, Anda bisa dengan
lebih murah jika membuat sebuah website daripada
menyewa ruko untuk menjual barang-barang Anda.
Meskipun begitu, membuat bisnis online bukan 100%
tanpa modal karena tetap saja Anda harus membuat website, menemukan orang yang
tepat untuk menyiapkan kontennya, dan menyiapkan komoditas yang Anda tawarkan.
Hal yang paling murah yang Anda bisa lakukan adalah membuat website Anda
sendiri dengan hosting dan domain yang terjangkau atau mungkin gratis,
menuliskan sendiri konten Anda, dan menjualkan produk/layanan orang lain. Namun
apakah website Anda yang sangat sederhana tersebut akan cukup efektif?
Bangun saja usaha, konsumen akan datang dengan
sendirinya
Tentu saja ini mitos yang sama sekali tidak benar.
Anda masih harus menjaga kualitas produk/layanan Anda, menjaga kelancaran
distribusi, dan menganalisis strategi marketing mana yang paling tepat untuk
mendapatkan konsumen.
Konsumen hanya peduli pada harga
Apakah Anda masih berpikir demikian? Apakah Anda
beranggapan bahwa konsumen dengan mudah akan tertarik pada harga yang murah?
Kalau begitu, Anda salah. Konsumen tidak hanya mempertimbangkan faktor harga
saja. Konsumen juga mempertimbangkan masalah kualitas produk/layanan serta
kredibilitas penyedia produk atau layanan tersebut.
Maka dari itu, Anda harus membangun kepercayaan
konsumen pada produk/layanan Anda. Apalagi dengan adanya internet, konsumen
akan mencari informasi dan membandingkan produk/layanan Anda dengan yang
ditawarkan oleh perusahaan lain. Benar, bisnis online sangatlah kompetitif.
Gunakan uang untuk mendapatkan uang
Memang benar jika Anda ingin mendapatkan uang, maka
Anda membutuhkan modal untuk mendapatkannya. Tetapi ini bukan berarti Anda
harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang. Anda tidak perlu mengeluarkan
uang untuk sesuatu yang tidak terukur hasilnya hanya karena Anda percaya bahwa
Anda harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang. Berinvestasilah dengan
baik dalam usaha Anda. Lakukan pengeluaran yang terencana dan terukur
targetnya.
Media sosial membuat semua urusan penjualan menjadi
lebih mudah
Memang benar bahwa media sosial membuat penjualan
menjadi lebih mudah, terutama karena jangkauannya yang lebih luas. Namun media
sosial juga bisa menjadi boomerang karena satu pendapat buruk seseorang
mengenai produk/layanan Anda bisa dibaca dan mempengaruhi opini banyak pihak.
Selain itu, penggunaan media sosial sebagai media promosi penjualan juga
memerlukan strategi-strategi yang tidak sederhana untuk mencapai tujuannya.
Intinya, media sosial dapat Anda gunakan sebagai pendongkrak penjualan, namun
kualitas produk atau layanan Anda harus diutamakan.
Harus aktif pada semua jenis media sosial
Apakah Anda perlu aktif di semua jenis media sosial?
Melakukan promosi di media sosial membutuhkan waktu dan tenaga tersendiri. Jadi
kalau Anda aktif di semua jenis media sosial bisa jadi waktu dan tenaga Anda
tersita hanya untuk promosi saja. Solusinya, pilih media sosial yang sesuai
dengan produk/layanan serta target pasar Anda. Selain itu, pilih media sosial
yang terluas jangkauannya. Sampai saat ini, Facebook dan Twitter masih menjadi
media sosial pilihan untuk promosi penjualan di Indonesia. Anda juga bisa
mengetahui fakta-fakta mengenai marketing online di artikel kami
yang terdahulu.
Semua orang akan menyukai website Anda dan akan beli
produk Anda
Pertama, tidak semua orang yang datang ke website Anda
akan langsung menyukai website Anda dan membeli produk Anda. Semua tergantung
pada seberapa baik website Anda merepresentasikan bisnis yang Anda jalankan.
Untuk membuat website Anda efektif untuk penjualan, Anda bisa membaca
kembali artikel kami tentang kesalahan-kesalahan kecil pada website Anda yang bisa
Anda perbaiki untuk menarik lebih banyak pengunjung dan menciptakan peluang
untuk mendapatkan konsumen baru, serta meningkatkan penjualan.
Orang akan langsung membeli produk yang mereka cari di
website Anda
Apakah Anda percaya? Tidak semua orang akan langsung
datang ke website Anda untuk mencari produk/layanan yang Anda inginkan.
Pelanggan Anda mungkin akan melakukannya. Namun bagaimana dengan orang yang
belum kenal dengan website Anda? Mereka akan browsing melalui mesin pencari
untuk mengetahui website mana yang menawarkan produk/layanan yang mereka cari.
Di sinilah Google Adwords akan membantu Anda. Gunakan Google Adwords untuk
mengarahkan mereka ke website Anda!
Jangan berikan janji pada kosumen!
Benarkah Anda tidak boleh memberikan janji pada
konsumen? Kenyataannya, konsumen mudah tergiur pada janji-janji. Tidak
memberikan janji apapun pada konsumen bisa jadi justru mengurangi daya tarik
usaha Anda. Tetapi di sisi lain, janji kepada konsumen bisa menjadi bom waktu
jika tidak bisa Anda tepati. Jadi bagaimana solusinya? Berikan janji yang
menarik pada konsumen Anda, namun janji yang Anda sudah pastikan dapat Anda
penuhi.
Konsumen selalu benar
Kalau konsumen selalu benar, maka ada banyak
perusahaan yang bangkrut karenanya. Yang seharusnya Anda lakukan adalah
memberikan janji kepada konsumen sesuai dengan apa yang Anda bisa berikan dan
menjaga kontak positif dengan konsumen Anda.
Ada kalanya konsumen merasa tidak puas dengan
produk/layanan Anda. Jika memang itu karena kesalahan pihak Anda, minta maaf
lah pada konsumen dan lakukan pembenahan segera. Namun jika keluhan konsumen
tersebut bukan merupakan kesalahan Anda, misalnya konsumen mengeluhkan
kerusakan produk Anda yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan oleh konsumen,
berikan penjelasan dengan jelas dan lakukan edukasi kepada konsumen-konsumen
Anda agar hal tersebut tidak terulang kembali.
Nah! Apakah Anda sudah menyadari bahwa mitos-mitos
mengenai bisnis online di atas tidak sesuai dengan kenyataannya? Sekarang Anda
sudah tahu hal-hal yang sebenarnya terjadi di bisnis online. Sekarang saatnya
Anda menggunakan pengetahuan-pengetahuan tersebut untuk meraih kesuksesan
bisnis Anda!
gan kalau mitos mitos yang lainnya ,, contoh mitos tentang adanya hantu ,, tempat2 angker ,, itu gimana gan , ,,
ReplyDelete